Posted by : Rachmat Mahardika Monday, February 8, 2016

Oke, Kali ini saya akan membahas tentang deepweb, dari pembahasan, segi kegunaan, hingga bahayanya deep web.


Ilustrasi Deep Web


Pertama saya akan menjelaskan tentang Pembahasan seputar deep web terlebih dahulu.

Deep Web (juga dikenal dengan nama Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web) di Indonesia dapat disebut sebagai Web Mendalam.

Apa Itu Deep Web?

Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagaibagian kecil dari Deep Web.

Mike Bergman, pendiri BrightPlanet yang memberikan istilah tersebut, mengatakan bahwa mencari di Internet pada saat ini dapat dibandingkan dengan menjaring ikan di permukaan laut: akan mendapatkan banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi informasi yang sangat dalam tidak akan tertangkap.[2] Kebanyakan dari iformasi yang terdapat di jaringan Internet, terkubur sangat dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari web yang standar tidak dapat menemukannya. mesin pencari web yang tradisional tidak dapat "melihat" atau mengambil data di dalam Deep Web.

Halaman-halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka tercipta secara dinamis sebagai hasil dari pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa.

Ukuran Deep Web berdasarkan ekstrapolasi yang dilakukan oleh Universitas California, Berkeley pada tahun 2001, memperkirakan bahwa Deep Web memiliki ukuran sekitar 7,5 Petabita. Ukuran yang lebih akurat disebutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh He, et al. (2003) mendeteksi sekitar 300.000 situs Deep Web yang ada di seluruh Web pada tahun 2004, dan menurut Shestakov, sekitar 14.000 situs Deep Web berada di bagian web Rusia pada tahun 2006.

Sejarah Deep Web

Jack Oliver, dalam paper sebuah seminar mengenai Deep Web yang dipublikasikan dalam Jurnal Publikasi Elektronik, menyebutkan bahwa Jill Ellsworth menggunakan istilahinvisible Web atau Web yang tidak kasat mata pada tahun 1994 untuk mengacu kepada situs web yang tidak teregistrasi dengan mesin pencari web apapun Bergman mengacu kepada artikel yang diterbitkan pada bulan januari 1996 oleh Frank Garcia.

Situs ini adalah situs yang didesain dengan baik, tetapi mereka tidak melakukan proses registrasi dengan mesin pencari web apapun. Sehingga tidak ada yang dapat menemukan mereka. Secara teknis, situs tersebut merupakan situs yang tersembunyi. Saya menyebutnya sebagai invisible Web atau Web yang tidak kasat mata.

Salah satu awal penggunaan istilah Invisible Web adalah oleh Bruce Mount dan Matthew B. Koll yang berasal dari Library Software, dalam deskripsi mengenai @1 deep Web toolyang ditemukan pada wawancara press pada bulan Desember 1996.

Penggunaan pertama dari istilah Deep Web, sekarang secara umum diketahui berdasarkan kepada laporan pada tahun 2001 yang ditulis oleh Bergman.

Apa yang terdapat dalam deep web?

di Deep Web, disana kita akan menemukan berbagai konten internet beredar secara bebas tanpa filter! perdagangan narkoba, psikopat, teroris, kartu kredit curian (carding), human trafficking, pornografi ilegal, jasa-jasa ilegal (jasa pembunuhan, kartu identitas palsu), dan hal-hal ilegal lainnya dapat kita temukan disana secara bebas.

Selain itu, di dalam Deep Web kita juga dapat menemukan konten-konten mengerikan tanpa sensor seperti eksperimen terhadap manusia, situs penyiksaan secara live, dan hal-hal mengerikan lainnya.

Dikatakan juga bahwa Deep Web juga menjadi surga bagi para pelaku pedofilia, karena disana mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan. Deep Web juga merupakan tempat yang sangat berbahaya untuk dikunjungi, karena disana banyak sekali hacker berkeliaran. Selain itu, disanalah tempat dimana virus-virus komputer dibuat.

Disana kita juga dapat menemukan tutorial-tutorial aneh seperti cara membuat bom, cara membunuh tanpa ketahuan, cara menculik dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika Anda ingin mengakses Deep Web maka Anda harus berhati-hati.

Bagaimana cara mengakses deep web?

Salah satu browser yang dapat mengakses website yang ada di sisi gelap internet tersebut adalah Tor Browser.

TOR adalah kepanjangan dari The Onion Router, TOR adalah sebuah browser seperti Google Chrome dan Firefox, namun ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dua browser tersebut.

TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita mengakses internet secara anonim. Dikarenakan di dalam deep web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamanan berinternet, maka TOR dapat melindungi Anda dari hal tersebut.

Saat Anda menjalankan TOR koneksi asli pengguna akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi oleh pihak manapun baik dari ISP maupun situs yang dikunjungi.

Untuk mengunduh TOR browser, silahkan ikuti tautan berikut https://www.torproject.org/download/download-easy.html.en.

Setelah selesai mengunduh, install TOR Browser hingga selesai kemudian start TOR Browser.

Berikut ada tips yang direkomendasikan sebelum mengakses deep web  :
  1. Sebaiknya menggunakan proxy/VPN agar lebih aman.
  2. Tutup webcam Jika terdapat webcam pada laptop atau PC Anda
  3. Jangan melakukan login ke situs manapun selama browsing di Deep Web.
  4. Tampilkan selalu indikator trafik internet, waspada traffic mencurigakan.
  5. Setelah browsing, hapus history, cache, dan folder temp komputer, agar tidak terdapat hal-hal negatif yang menyangkut pada data di hard disk Anda.
  6. Jangan menyimpan sandi di browser.
  7. Jangan mengisi apapun pada deep web seperti halaman register.
  8. Jangan mengunduh apapun di Deep Web menggunakan IDM.
  9. Selalu gunakan block POP-UP.
  10. Hati-hati!
Apa Bahayanya deep web?

Jika diukur dari tingkat keamanannya, Tidak disarankan untuk berselancar di dunia Deep Web, karena hal ini berbahaya bagi Anda yang awam di dunia IT. Jika Anda mengunjungi deep web, bisa saja identitas Anda tercatat dan identitas ini bisa disalah gunakan oleh pengelola deep web. Bahkan bisa saja komputer Anda mendadak mati akibat virus yang disebarkan dari deep web. Karena virus di deep web sangat berbahaya dan bisa memusnahkan suatu komputer dalam hitungan detik.

Deep web memiliki tingkatan. Tingkatan dalam deep web terdiri dari level 0 hingga mencapai level 8 yang merupakan tingkatan tertinggi dari deep web, yang pasti isinya sangat berbahaya dan rahasia. Jika menggunakan komputer biasa tidak mungkin Anda bisa memasuki dalam level ini.


Baiklah, segitu saja yang bisa saya sampaikan mengenai deep web, untuk saran dan pendapat bisa anda salurkan di kolom Comment.


Dikutip dari berbagai sumber

{ 3 comments... read them below or Comment }

- Copyright © Forum Kita - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -