Posted by : Rachmat Mahardika Sunday, October 23, 2016

Penggemar Novel Inferno (Dan Brown) pasti sudah tidak asing lagi dengan Dante Alighieri yang populer dengan sastranya yaitu The Divine Comedy, meskipun terdapat nama "Comedy" tetapi tidak ada sedikitpun unsur komedi. Penasaran, Apa sih yang diceritakan dalam buku tersebut?

Dante Alighieri

 The Divine Comedy merupakan buku yang amat sangat penting dan dihormati di Italia. Saat ini, buku tersebut merupakan buku wajib yang dipelajari saat SMA. Pelajar SMA kelas 1 di Italia wajib tamat mempelajari buku Inferno dalam mata pelajaran sastra Italia. Kelas 2 SMA wajib tamat Purgatorio. Kelas 3 SMA wajib tamat buku Paradiso. Pelajar SMA wajib memahami buku-buku tersebut baik sejarah maupun nilai budaya dan sastra yang terkandung di dalamnya.

Buku ini sangat hebat dan berpengaruh di Italia, bukan? Bisa dipastikan, setiap rumah pasti memiliki versi cetak minimal satu set dari buku The Divine Commedy. Mungkin buku ini sudah ditulis ulang dan dicetak ribuan kali sejak tahun 1300-an. Saking terkenalnya, televisi Italia sering sekali (bahakan setiap hari) menampilkan beberapa pencerita yang menceritakan ulang kisah The Divine Commedy dalam versinya sendiri.

Cerita The Divine Commedy berisi tentang perjalanan Dante di tiga tempat, yakni neraka, tempat penyucian diri, dam surga.

Dalam bukunya, Dante menceritakan bahwa dia berjalan mulai dari lapisan terbawah neraka. Dante mendeskripsikan neraka seperti dalam agama Kristen dan Islam, yang terdiri dari tujuh lapis.


Pada tahap ini, diceritakan bahwa Dante bertemu Virgilio (dari Yunani) yang membimbingnya menempuh perjalanan ke tujuh lapisan neraka. Dalam perjalanan, mereka bertemu orang-orang yang semasa hidupnya banyak melakukan kesalahan, seperti Julius Caesar, dll. Orang-orang tersebut digambarkan disiksa mati-matian di dalam neraka, seperti dimaka monster, dibakar api, ditumbuk batu, dsb. Orang-orang yang dideskripsikan Dante merupakan orang-orang jahat yang sangat terkenal di Eropa sebelum tahun 1300 Masehi. Diceritakan pula bahwa pintu masuk ke neraka ini berada di Jerussalem, Israel.
Neraka dalam Komedi Ketuhanan, karya Dante Alighieri


Setelah sampai di neraka lapisan teratas, Virgilio dan Dante memasuki lapisan baru, yakni sebuah tempat yang bukan surga, tapi juga bukan neraka yang dikenal dengan nama Purgatorio (tempat penyucian diri). Di sini, Dante menceritakan bahwa terdapat banyak orang-orang yang dibolehkan menyucikan diri mereka agar bisa masuk surga setelah keluar dari neraka. Orang-orang yang diceritakan berada di tempat ini pun juga terkenal pada masa sebelum 1300-an.
Ilustrasi Tempat Pensucian


Setelah menelusuri Purgatorio, Dante akhirnya pergi menulusuri Paradiso (surga). Dante dijemput oleh Beatrice (yang dianggap Dante secantik bidadari surga) dan mengelilingi surga hingga lapisan teratas (lapisan ketujuh). Di surga deskripsi Dante ini juga terdapat banyak tokoh masa sebelum 1300 Masehi yang terkenal baik dalam sejarah hidupnya sehingga ditempatkan di surga.
Ilustrasi Surga dalam Komedi Ketuhanan


Buku ini sangat penting untuk dasar kebudayaan Italia, yakni dasar ajaran agama Kristen. Itulah sebabnya buku ini menceritakan neraka dan surga yang terdiri dari tujuh tingkatan, sama seperti dalam agama Islam. Buku ini amat sangat menarik, karena beberapa puisi yang ditulis Dante ternyata identik dengan cerita Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra’ Mi’rajnya.


Wow, Bagaimana pendapat kalian? salurkan pendapat kalian di kolom Comment ya! jangan lupa tuk share! berbagi pengetahuan ke sesama :)



sumber : Kaskus

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. Beli buku terjemahannya dimana ya ?

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada KYAI SANJAYA atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 1Milyar kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan KYAI SANJAYA dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 082399986107 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Kyai tidak sama seperti yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Kyai PESUGIHAN PUTIH KLIK DISINI

    ReplyDelete
  3. Wah, buku Dante Komedi Ketuhanan memang sangat menarik, bahkan di masa modern ini. Ini buku serius dalam bentuk prosa puitis. Tapi tebal sekali.
    Bacalah wawancara dengan Dante (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/12/wwancara-dengan-dante.html

    ReplyDelete

- Copyright © Forum Kita - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -